-->

GBPP Bahasa Inggris Kelas 3

 
Image Pixabay.com

KURIKULUM MUATAN LOKAL
GARIS — GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN
(GBPP)


I.    PENDAHULUAN
A.    Pengertian.
Berdasarkan Keputusan Mendikbud RI No. 04 12/U/1989 (1987-5) menyatakan bahwa muatan lokal adalah program pendidikan yang isi dan media penyampaiannya dikaitkan dengan alam lingkungan sosial dan budaya serta kebutuhan daerah dan wajib dipelajari murid di daerah itu.
Bertolak pada uraian diatas, maka perlu tiap daerah mengembangkan dan mengefektifkan potensi yang ada sesuai dengan kebutuhan daerah menurut wawasan ke depan.
Pemilihan mata pelajaran bahasa Inggris sebagai muatan lokal merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia menyongsong perkembangan secara mengglobal dan internasional.
Mata pelajaran bahasa Inggris sebagai muatan lokal dapat diajarkan di kelas I, II, III, tentu dengan dukungan sarana, guru yang berkemampuan mengajar, serta mempertimbangkan keluasan dan bobot materi sesuai dengan tingkat usia siswa.

B.    Fungsi.
Mata pelajaran muatan lokal bahasa Inggris diberikan sejak kelas I, II, III berfungsi memberikan rangsangan positif terhadap syarat neurolinguististics dalam mengembangkan bahasa, secara psikhologis anak usia kecil tidak enggan mengucapkan bahasa asing, justru mereka lebih antusias. Dengan demikian pengajaran bahasa Inggris di kelas IV, V, VI tidak banyak mengalami kendala untuk berkomunikasi secara sederhana.

C.    Tujuan
Pada akhir pengajaran bahasa Inggris kelas I – II – III dharapakan siswa memiliki ketrampilan mendengar / menyimak, berbicara, menulis dan membaca dalam pola sederhana sesuai tingkat usia dengan jumlah penguasaan kosa kata lebih kurang 300 kata yang berkesinambungan dan bertambah pads tingkat kelas IV – V – VI.

D.    Ruang Lingkup
Muatan lokal bahasa Inggris kelas I – II – III mencakup empat ketrampilan berbahasa sesuai dengan tingkat usia, dan diharapkan semaksiamal mungkin berkaitan dengan situasi dan potensi yang ada di daerahnya.

E.    Rambu – Rambu
1.    Pendekatan Pengajaran Bahasa Inggris yang termuat dalam GBPP Muatan lokal Bahasa Inggris I – II – III menerapkan pendekatan kebermaknaan yang mengandung pengertian sebagai berikut :
a.    Unsur – unsur bahasa : kosa kata, tata bahasa yang sederhana, lafal dan ejaan disajikan dalam lingkup situasi, sehingga makna yang dimaksud jelas.
b.    Dalarn-proses pembelajaran bahasa, keempat ketrampilan berbahasa hendaknya merupakan satu integritas, dikembangkan secara terpadu.
c.    Pola bermain sambil belajar perlu ditekankan dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris kelas awal, mengingat siswa masih dalam masa transisi dari Taman Kanak – Kanak ke Sekolah Dasar.
2.    Butir - butir yang perlu diperhatikan oleh pengguna GBPP Muatan Lokal Bahasa Inggris kelas I – II – III.
a.    GBPP ini merupakan pedoman inti bagi para pemakai, sebelum menjabarkan dalam bentuk materi yang harus dipelajari siswa dalam mencapai tujuan yang telah dirumuskan.
b.    Guru diharapkan dapat mengembangkan sendiri satuan – satuan pelajaran atau terra – tema sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam GBPP.
c.    Guru dituntut lebih kreatif dalam mengembangkan bahan inti dengan menyesuaikan kondisi dan kebutuhan lingkungan. Seminimal mungkin menghindari verbalismse siswa.
d.    Guru hendaknya dapat menciptakan susanan belajar yang menyenangkan, akrab, selalu memotivasi siswa untuk berani berbicara, tidak dibenarkan menyalahkan siswa saat melafalkan kata / kalimat.
e.    Siswa lebih banyak kesempatan berperan aktif dalam proses pembelajaran yang komunikatif, misalnya dalam berdialog atau tugas – tugas lain.
f.    Bentuk evaluasi sebaiknya lebih banyak ditekankan pada unsur berbicara (lisan)

II.    PROGRAM PENGAJARAN
Kelas : III (tiga)
Tujuan :
Dengan mempergunakan tema-tema yang telah ditentukan, siswa dapat memiliki ketrampilan awal berbahasa Inggris dengan jumlah kosa kata kurang lebih 100 kata yang tidak termasuk kosa kata yang sudah dipelajari di kelas II meliputi ketrampilan :
1.    Mendengar / Menyimak.
Siswa dapat mendengarkan / menyimak clan menirukan ucapan lafal kosa kata dengan benar.
2.    Berbicara.
Siswa dapat melafalkan huruf, kata, frase, kalimat yang sederhana, menunjuk benda yang dilihatnya dan mengukapkan keadaan benda itu.
3.    Membaca.
Siswa dapat menghubungkan lafal kata dengan gambar, memilih gambar yang sesuai kata yang paling sederhana, menyusun kalimat, dan paragraf pendek sederhana.

SEMESTER I

Tujuan :
a.    Siswa mampu. mendengarkan / menyimak, menirukan lafal kosa kata dengan benar tentang pakaian, transportasi, profesi / pekerjaan seseorang.
b.    Siswa mampu menyebutkan benda yang dilihat dan mengungkapkannya dalam kalimat.
c.    Siswa mampu membaca puisi / syair sederhana dengan tekanan kata yang benar.
d.    Siswa mampu menyalin kata, frase, dan kalimat sederhana.
e.    Siswa mampu menyusun kalimat-kalimat dalam paragraf sederhana.

1.    Tema : Pakaian (Clothes)
Pembelajaran :
•    Mendengarkan / menyimak lafal kosa kata tentang pakaian.
•    Menirukan lafal kosa kata tentang pakaian.
•    Meng identifikasikan gambar sesuai dengan kata yang dilafalkan.
•    Menyebutkan pakaian yang dikenakannya.
•    Menyebutkan warna pakaian seragamnya.
•    Melengkapi kalimat dengan kata sesuai gambar.
•    Menyusun kata-kata menjadi kalimat yang benar.

Contoh Ungkapan Komunikatif :
•    My shirt is white.
•    My uniform is red and white.
•    It is a cap.
•    Dan lain–lain.

Kosa Kata :
•    Skirt, shirt, pants, belt, cap, socks, shoes, tie, hat, veil.

2.    Tema : Transportasi (Transportation)
Pembelajaran :
•    Mendengarkan / menyimak lafal kosa kata tentang alat–alat transportsi.
•    Menirukan lafal kosa kata tentang alat–alat transportasi.
•    Memilih gambar yang sesuai dengan lafal kata atau kata yang tersedia.
•    Menyusun kata menjadi kalimat yang benar.
•    Menyebut kendaraan yang biasa diketahui oleh siswa.
•    Bermain teka–teki tentang alat–alat transportasi.
•    Menyusun kalimat menjadi paragraf pendek sederhana.

Contoh Ungkapan komunikatif :
•    I ride a bike.
•    You go by bus.
•    Mother goes by becak.

Kosa Kata :
•    Bike, motorcycle, car, bus, palne, boat, train, ship, helicopter.
3.    Tema : Macam pekerjaan (Profession).
Pembelajaran :
•    Mendengarkan / menyimak lafal kosa kata tentang macam-macam pekerjaan seseorang.
•    Menirukan laial kosa kata tentang macam-macam pekerjaan.
•    Melafalkan kata sesuai dengan gambar.
•    Memilih gambar yang sesuai dengan kata.
•    Menyusun kalimat sederhana menjadi paragraf yang benar.
•    Bermain peran, dengan mengungkapkan profesi seseorang.
•    Membaca puisi sederhana.
•    Bermain teka-teki atau permainan yang lain.

Contoh Ungkapan Komunikatif :
•    I am a student.
•    I am a doctor.
•    Mr. Budi is a teacher. He is in the classroom.
•    She is a nurse.
•    Dan lain – lain

Kosa kata :
•    Teacher, headmaster, doctor, nurse, policemen, driver, farmer, soldier, postman, snopkeeper, fisher, tailor, seamstress, carpanter, merchant.

4.    Tema : Gedung-gedung (Buildings)
Pembelajaran :
•    Mendengarkan / menyimak menirukan lafal kosa kata tentang gedung-gedung atau sarana umum.
•    Melafalkan nama-nama gedung dan sarana umum.
•    Mengidentifikasikan kata sesuai dengan gambar.
•    Menyebutkan dan melafalkan gedung-gedung dan sarana umum yang ada disekitarnya.
•    Menuliskan kata sesuai gambar.
•    Membuat kalimat yang benar.
•    Menjawab pertanyaan dengan jawaban Yes atau No.

Contoh Ungkapan Komunikatif :
•    The bank is big
•    The shop is small.
•    Is that a hotel ? Yes, it is.
•    Is that a market ? No, it isn't.
•    Dan lain - lain.

Kosa Kata :
•    Hotel restaurant, market, hospital, post office, railway station, harbour, airport, church, shop, bank, bus station, factory, warehouse, police station.

0 Response to "GBPP Bahasa Inggris Kelas 3"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel