-->

GBPP Bahasa Inggris Kelas 2


Image Pixabay.com
KURIKULUM MUATAN LOKAL
GARIS — GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN
(GBPP)

I.    PENDAHULUAN
A.    Pengertian.
Berdasarkan Keputusan Mendikbud RI No. 04 12/U/1989 (1987-5) menyatakan bahwa muatan lokal adalah program pendidikan yang isi dan media penyampaiannya dikaitkan dengan alam lingkungan sosial dan budaya serta kebutuhan daerah dan wajib dipelajari murid di daerah itu.
Bertolak pada uraian diatas, maka perlu tiap daerah mengembangkan dan mengefektifkan potensi yang ada sesuai dengan kebutuhan daerah menurut wawasan ke depan.
Pemilihan mata pelajaran bahasa Inggris sebagai muatan lokal merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia menyongsong perkembangan secara mengglobal dan internasional.
Mata pelajaran bahasa Inggris sebagai muatan lokal dapat diajarkan di kelas I, II, III, tentu dengan dukungan sarana, guru yang berkemampuan mengajar, serta mempertimbangkan keluasan dan bobot materi sesuai dengan tingkat usia siswa.

B.    Fungsi.
Mata pelajaran muatan lokal bahasa Inggris diberikan sejak kelas I, II, III berfungsi memberikan rangsangan positif terhadap syarat neurolinguististics dalam mengembangkan bahasa, secara psikhologis anak usia kecil tidak enggan mengucapkan bahasa asing, justru mereka lebih antusias. Dengan demikian pengajaran bahasa Inggris di kelas IV, V, VI tidak banyak mengalami kendala untuk berkomunikasi secara sederhana.

C.    Tujuan
Pada akhir pengajaran bahasa Inggris kelas I – II – III dharapakan siswa memiliki ketrampilan mendengar / menyimak, berbicara, menulis dan membaca dalam pola sederhana sesuai tingkat usia dengan jumlah penguasaan kosa kata lebih kurang 300 kata yang berkesinambungan dan bertambah pads tingkat kelas IV – V – VI.

D.    Ruang Lingkup
Muatan lokal bahasa Inggris kelas I – II – III mencakup empat ketrampilan berbahasa sesuai dengan tingkat usia, dan diharapkan semaksiamal mungkin berkaitan dengan situasi dan potensi yang ada di daerahnya.

E.    Rambu – Rambu
1.    Pendekatan Pengajaran Bahasa Inggris yang termuat dalam GBPP Muatan lokal Bahasa Inggris I – II – III menerapkan pendekatan kebermaknaan yang mengandung pengertian sebagai berikut :
a.    Unsur – unsur bahasa : kosa kata, tata bahasa yang sederhana, lafal dan ejaan disajikan dalam lingkup situasi, sehingga makna yang dimaksud jelas.
b.    Dalarn-proses pembelajaran bahasa, keempat ketrampilan berbahasa hendaknya merupakan satu integritas, dikembangkan secara terpadu.
c.    Pola bermain sambil belajar perlu ditekankan dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris kelas awal, mengingat siswa masih dalam masa transisi dari Taman Kanak – Kanak ke Sekolah Dasar.
2.    Butir - butir yang perlu diperhatikan oleh pengguna GBPP Muatan Lokal Bahasa Inggris kelas I – II – III.
a.    GBPP ini merupakan pedoman inti bagi para pemakai, sebelum menjabarkan dalam bentuk materi yang harus dipelajari siswa dalam mencapai tujuan yang telah dirumuskan.
b.    Guru diharapkan dapat mengembangkan sendiri satuan – satuan pelajaran atau terra – tema sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam GBPP.
c.    Guru dituntut lebih kreatif dalam mengembangkan bahan inti dengan menyesuaikan kondisi dan kebutuhan lingkungan. Seminimal mungkin menghindari verbalismse siswa.
d.    Guru hendaknya dapat menciptakan susanan belajar yang menyenangkan, akrab, selalu memotivasi siswa untuk berani berbicara, tidak dibenarkan menyalahkan siswa saat melafalkan kata / kalimat.
e.    Siswa lebih banyak kesempatan berperan aktif dalam proses pembelajaran yang komunikatif, misalnya dalam berdialog atau tugas – tugas lain.
f.    Bentuk evaluasi sebaiknya lebih banyak ditekankan pada unsur berbicara (lisan)

II.    PROGRAM PENGAJARAN
Kelas : II (dua)
Tujuan :
Dengan mempergunakan terra-terra yang telah ditentukan, siswa dapat memiliki keterampilan awal berbahasa Inggris yang berkosa, kata kurang lebih 100 kata yang tidak termasuk kosa kata yang sudah dipelajari dikelas satu meliputi keterampilan.
1.    Mendengar / Menyimak.
Siswa dapat mendengarkan / menyimak dan menirukan ucapan / lafal kosa kata dengan benar.
2.    Berbicara.
Siswa dapat melafalkan huruf, kata, frase, kalimat yang sangat sederhana, menunjuk benda yang dilihatnya dan mengucapkannya.
3.    Membaca.
Siswa dapat membaca huruf, kata-kata, frase-frase, kalimat-¬kalimat sederhana yang telah didengar, dilafalkan, dan, ditulis.
4.    Menulis.
Siswa dapat menjodohkan kata dengan gambar, menyalin kata, melengkapi kata, frase, dan kalimat sederhana.
SEMESTER I

Tujuan :
a.    Siswa dapat mendengar / menyimak, menirukan lafal kosa kata dengan benar tentang nama-nama bagian-bagian rumah, ruang yang ada di dalam rumah, beberapa benda yang terdapat di dalam ruang tamu, kamar tidur, dan kamar mandi.
b.    Siswa dapat menyebutkan nama-nama bagian-bagian rumah, ruangan yang ada di dalam rumah, beberapa benda yang terdapat di ruang tamu, kamar tidur, dan kamar mandi.
c.    Siswa dapat menunjukkan gambar yang sesuai dengan ucapan guru.
d.    Siswa dapat menjodohkan gambar dengan kata yang sesuai atau sebaliknya.
e.    Siswa dapat dapat melengkapi huruf pads kata sederhana yang diberikan oleh guru.
f.    Siswa dapat menyalin kata, frase, dan kalimat sederhana.

1.    Tema : Rumah (House)
Pembelajaran :
•    Mendengar / menyimak lafal kosa kata tentang nama bagian-bagian rumah dan bangunan.
•    Menirukan lafal kosa kata tentang nama bagian-bagian rumah dan ruangannya.
•    Menyebutkan nama bagian-bagian rumah.
•    Menyebutkan nama ruangan yang ada didalam rumah.
•    Menirukan gambar yang sesuai dengan kata yang diucapkan oleh guru.
•    Menjodohkan gambar dengan kata yang sesuai.
•    Melengkapi kata dengan huruf yang sesuai sehingga menjadi kata yang benar.
•    Menyanyikan lagu sesuai dengan tema.

Kosa kata :
•    House, door, window, roof, wall, stairs, ceiling, livingroom, diningroom, kitchen, bedroom, bathroom, garage.

2.    Tema : Ruang tamu (The livingroom)
Pembelajaran :
•    Mendengar / menyimak lafal kosa kata tentang nama beberapa benda yang terdapat di ruang tamu.
•    Menirukan lafal kosa kata tentang nama beberapa benda yang terdapat di ruang tamu.
•    Menunjukkan gambar yang sesuai dengan kata yang diucapkan oleh guru.
•    Memilih kata yang sesuai dengan gambar.
•    Melengkapi kata dengan huruf yang sesuai sehingga menjadi kata yang benar.
•    Menyanyikan lagu sesuai dengan tema.

Contoh ungkapan komunikatif.
•    My table is big
•    It is a chair. I have a chair.
•    It is a lamp.
•    This is a vase.
•    It is a clock.
•    Dan lain-lain.

Kosa kata :
•    Table, sofa, lamp, vase, clock, television, telephone, asthray, fan, picture.

3.    Tema : Kamar tidur (The bedroom)
Contoh ungkapan komunikatif :
•    Mendengar / menyimak lafal kosa kata tentang nama beberapa benda yang terdapat di kamar tidur.
•    Menirukan lafal kosa kata tentang nama beberapa benda yang terdapat di kamar tidur.
•    Menyebutkan nama beberapa benda yang terdapat di kamar tidur.
•    Menunjukkan gambar yang sesuai dengan kata yang diucapkan oleh guru.
•    Menjodohkan gambar dengan kata yang sesuai.
•    Melengkapi kata dengan huruf yang sesuai sehingga menjadi kata yang benar.
•    Menyalin kata, Erase, atau kalimat sederhana.

Contoh ungkapan komunikatif :
•    It is a bed.
•    It is a pillow.
•    It is a mattress.
•    Dan lain-lain.

Kosa kata :
•    Bed, pillow, bolster, mattress, blanket, bed-sheet, mirror, mat, comb, wardrobe.

4.    Tema : Kamar Mandi (The bathroom)
Pembelajaran :
•    Mendengar / menyimak lafal kosa kata tentang nama beberapa benda yang terdapat di kamar mandi.
•    Menirukan lafal kosa kata tentang nama beberapa benda yang terdapat di kamar mandi.
•    Menunjukkan gambar yang sesuai dengan kata yang diucapkan oleh guru.
•    Memilih kata yang sesuai dengan gambar.
•    Melengkapi kata dengan huruf yang sesuai sehingga menjadi kata yang benar.

Contoh ungkapan komunikatif :
•    It is water.
•    It is soap.
•    It is a dipper.
•    It is a towel.
•    Dan lain-lain.
Kosa kata :
•    Water, soap, dipper, towel, tub, toothbrush, toothpaste, shower, shampoo.

5.    Tema : Ruang Dapur (The kitchen)
Pembelajaran :
•    Mendengar / menyimak lafal kosa kata tentang nama beberapa benda yang terdapat di ruang dapur.
•    Menirukan lafal kosa kata tentang nama beberapa benda yang terdapat di ruang dapur.
•    Menyebutkan nama beberapa benda yang ada di ruang dapur.
•    Menunjukkan gambar yang sesuai dengan kata yang diucapkan oleh guru.
•    Memilih kata yang sesuai dengan gambar.
•    Melengkapi kata dengan huruf yang sesuai sehingga menjadi kata yang benar.

Contoh ungkapan komunikatif :
•    It is a knife.
•    I have a bowl.
•    My mother has a big stove.
•    It is a pan.
•    Dan lain-lain.

Kosa Kata :
•    Stove, knife, pan, apron, grinder, matches, wooden spoon.

6.    Tema : Ruang Makan (Diningroom)
Pembelajaran :
•    Mendengar, menirukan lafal, kosa kata tentang nama beberapa benda yang terdapat di ruang makan.
•    Menirukan, lafal kosa kata tentang nama beberapa benda yang terdapat di ruang makan.
•    Menyebutkan nama beberapa benda yang ada di ruang makan.
•    Menunjukkan gambar yang sesuai dengan kata yang diucapkan oleh guru.
•    Memilih kata yang sesuai dengan gambar.
•    Menyanyikan lagu sesuai dengan tema.

Contoh ungkapan komunikatif :
•    It is a plate.
•    It is a spoon.
•    It is a fork.
•    It is a glass.
•    Dan lain-lain.

Kosa Kata :
•    Plate, spoon, fork, glass, cup, saucer, refrigerator, napkin, jug, teap

0 Response to "GBPP Bahasa Inggris Kelas 2"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel