-->

5 CARA MENULIS RESENSI YANG BAIK

5 cara menulis resensi yang baik
sumber gambar: pixabay.com

Berbicara tentang resensi berarti kita akan membaca, memahami, menganalisis, mengevaluasi, dan mengungkapkan keunggulan ataupun kekurangannya. Lalu bagaimana dengan resensi buku/ novel?

Jika teman-teman memiliki hobi membaca dan menulis, sudah barang tentu tidak lagi asing dengan resensi novel. Yup, resensi novel adalah sebuah analisa dan deskripsi dari sebuah novel yang disajikan dalam bentuk uraian pendek. Resensi novel ini sangat membantu untuk mengetahui garis besar isi novel tanpa harus membacanya secara utuh. 

Kita semua tahu. membuat resensi novel ini tidak bisa dibilang mudah. Meski banyak contoh resensi novel di internet, namun masih sedikit orang yang mengetahui tips menulis resensi novel yang benar. Bagaimana caranya? Yuk, simak baik-baik ya.

Mencatat Sambil Membaca Novel
Usahakan untuk selalu membawa catatan kecil. Hal ini memudahkanmu untuk mencatat hal-hal penting dari novel yang kamu baca. Berikan penjelasan singkat mengenai novel yang kamu baca. Perhatikan subyek, ruang lingkup, hingga pernyataan penting dari sang penulis. Kamu tidak harus mendeskripsikannya secara lengkap, cukup berikan penjelasan umum dari buku yang telah kamu baca, sebab pembaca resensi novelmu tidak butuh deskripsi mendetail melainkan hanya garis besar dari novel yang kamu resensi.

Mulailah dengan Pendahuluan
Resensi novel yang bagus pastinya diawali dengan pendahuluan yang menarik. Kamu bisa memulai pendahuluan ini dengan menyajikan pendapatmu mengenai novel tersebut. Awal yang menarik akan mendorong pembaca untuk melanjutkan membaca resensi yang kamu buat. Dengan begitu, para pembaca akan "terpicu" untuk mencari tahu mengapa kamu mencetuskan pendapat yang demikian.

Berikanlah Pendapat Kritis
Hindari memberikan pendapat yang terdengar klise. Cermati dan teliti novel yang kamu baca agar kamu bisa memberikan pendapat kritis yang tajam. Ingat, pendapat kritis ini harus disertai oleh dasar teori maupun contoh-contoh yang sesuai dengan pengetahuan yang kamu miliki, jadi tidak hanya sekedar kritik kosong. Jelaskan pula hal-hal yang menjadi kekuatan serta kelemahan dari novel yang kamu resensi. Dengan begitu, resensi novelmu menjadi menarik dan menyenangkan untuk dibaca.

Tulis Isi Novel dengan Ringkas
Poin ini dimaksudkan agar para pembaca resensi novel dapat memahami pokok utama bahasan novel tersebut. Buatlah secara singkat, padat, dan jelas. Bila perlu, sertakan kutipan dari novel yang relevan. Isi novel ini dapat terkait dengan ide utama, tujuan penulis, hingga rekomendasi apakah novel tersebut layak untuk dibaca atau tidak.

Buat Kesimpulan
Kesimpulan yang kamu buat harus merujuk kembali ke pendahuluan. Jangan lupa untu memperkuat pendapatmu dengan memberikan contoh-contoh yang singkat namun tepat dan jelas. Dengan kesimpulan yang kuat, tentu akan membuat resensi novelmu menjadi terpadu dan berkualitas.

Demikian 5 cara menulis resensi yang baik, menurut saya. heuheu.
Semoga bermanfaat.

0 Response to "5 CARA MENULIS RESENSI YANG BAIK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel