-->

UNIT PEMBELAJARAN PKP SD SIKLUS AIR

KOMPETENSI DASAR

A. Kompetensi Dasar dan Target Kompetensi

Unit Pembelajaran Siklus Air 

Unit pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan Kompetensi Dasar di kelas V. Kompetensi dasar tersebut dapat dijabarkan menjadi beberapa target kompetensi. Target kompetensi menjadi patokan penguasaan kompetensi oleh peserta didik. Target kompetensi pada kompetensi dasar ini dapat dilihat
pada Tabel 1.1. 

Tabel 1. 1. Kompetensi dasar dan target kompetensi.

B. Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi dasar dikembangkan menjadi beberapa indikator pencapaian kompetensi. Indikator ini menjadi acuan bagi guru untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar. Kompetensi Dasar 3.8 dan 4.8. di kelas V di kembangkan menjadi dua belas indikator untuk ranah pengetahuan dan enam indikator untuk ranah keterampilan. 
Dalam rangka memudahkan guru menentukan indikator yang sesuai dengan tuntutan kompetensi dasar, indikator dibagi ke dalam tiga katagori, yaitu indikator pendukung, indikator kunci, dan indikator pengayaan. Indikator pencapaian kompetensi untuk KD 3.8 dan KD 4.8 SD Kelas V diuraikan pada Tabel 1.2. 

Tabel 1. 2. Indikator pencapaian kompetensi untuk KD 3.8 dan KD 4.8 SD Kelas V.


BAHAN PEMBELAJARAN 

Unit Pembelajaran Siklus Air 

Bahan pembelajaran yang diuraikan di sini merupakan contoh panduan pembelajaran yang dapat diimplementasikan oleh Saudara ketika akan membelajarkan topik siklus air. Bahan pembelajaran dikembangkan dengan prinsip berpusat pada peserta didik dan berusaha memfasilitasi kemampuan berpikir tingkat tinggi. Bahan pembelajaran ini berisikan rincian aktivitas pembelajaran, lembar kegiatan peserta didik yang digunakan, dan bahan bacaannya. 

A. Aktivitas Pembelajaran 
Aktivitas pembelajaran berisi rincian alternatif kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dan peserta didik untuk mencapai kompetensi pada topik siklus air. Sebelum menguraikan aktivitas pembelajaran, aktivitas pembelajaran untuk mencapai masing-masing indikator yang telah ditetapkan
diuraikan ke dalam dua bagian. Pengembangan aktivitas pembelajaran mengacu pada kriteria yang ditetapkan pada Standar Proses (Permendikbud nomor 22 tahun 2016). Berikut ini rincian aktivitas pembelajaran untuk masing-masing bagian. 

Aktivitas Pembelajaran 1. Model Awan dan Hujan 

Aktivitas ke satu terkait dengan Materi Kelas V, Tema 8 “Lingkungan Sahabat Kita” Subtema 1 : “Manusia dan Lingkungan”. Aktivitas pembelajaran ke-1 ini akan mencapai IPK nomor 3.8.7, 3.8.8, dan 4.8.5. Aktivitas ini menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan sintak: 1) Pemberian rangsangan (Stimulation); 2) Pernyataan/Ientifikasi masalah (Problem Statement); 3) Pengumpulan data (Data Collection); 4) Pengolahan data (Data Processing); 5) Pembuktian (Verification), dan 6) Menarik simpulan/generalisasi (Generalization) (Aryana, dkk, 2018).  Pembelajaran dilakukan selama 2 X 35’.  

Pembelajaran dipandu menggunakan LKPD 1.1. model awan dan hujan serta Sebelum pembelajaran dimulai guru perlu alat, bahan, media, dan LKPD yang akan digunakan sudah tersedia dan mencukupi untuk semua peserta didik.

Skenario yang disajikan merupakan aktivitas pembelajaran pada kegiatan inti. 

Untuk bagian pendahuluan guru diharapkan dapat memastikan peserta didik menguasai IPK nomor  3.8.1, 3.8.2, dan 3.8.3. mengenai manfaat air bagi mahluk hidup. Pada kegiatan penutup, guru dapat melakukan penilaian formatif dan atau memberi penugasan membuat skema siklus air menggunakan kertas karton dan spidol warna.

Berikut ini rincian aktivitas pembelajaran 1 
Model Awan dan Hujan 
Tujuan Aktivitas Pembelajaran 
Setelah melakukan melakukan aktivitas 1 diharapkan peserta mampu: 
a. Mengidentifikasi tahap-tahap dalam siklus air
b. Membagankan tahap-tahap dalam siklus air seperti evaporasi, kondensasi, dan presipitasi
c. Membuat skema siklus air 

Estimasi Waktu Aktivitas Pembelajaran : 2 X 35 Menit. 

Stimulation (Pemberian Rangsangan)
Media, Alat, dan bahan yang digunakan adalah:
1) File video proses terjadinya hujan;
2) LCD Proyektor/komputer;  Alternatif : Printout teks bacaan tentang hujan
Apa yang saudara lakukan: 
a. Membagi peserta didik ke dalam kelompok yang beranggotakan 4-5 orang  (pembagian kelompok disesuaikan dengan jumlah peserta didik).  
b. Memfasilitasi mengamati video proses terjadinya hujan https://www.youtube.com/watch?v=5pW8HD5k8Xk (atau guru juga bisa mengunduhnya). Alternatif lain menggunakan teks bacaan 
c. Memfasilitasi peserta didik untuk mengingat kembali pengertian dari penguapan dan pengembunan. Misalnya guru memberi instruksi “Diskusikan dalam kelompok, apa yang kalian ketahui tentang proses penguapan dan pengembunan!”

Problem Statement (Identifikasi masalah) 
d. Memfasilitasi Peserta didik untuk merumuskan masalah yang akan dipecahkan dalam pembelajaran. Misalnya “bagaimana tahap-tahap pada proses siklus air?”

Data Collection  (Pengumpulan data) 
Media, Alat, dan bahan yang digunakan adalah:
1) Toples kaca bertutup
2) Air panas
3) Korek api
4) Kapas
5) Es batu
Apa yang saudara lakukan: 
e. Memfasilitasi peserta didik secara kelompok menyelidiki siklus air menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD 1.1) 

Langkah kegiatan:
1) Isi toples kaca dengan sepertiga air panas kemudian tutup toplesnya
2) Nyalakan korek api atau bakar kapas, kemudian masukkan ke dalam toples kemudian tutup rapat 
3) Simpan es batu di atas tutup toples
4) Amati apa yang terjadi di dalam toples 
(terjadi proses penguapan air dan bersatu dengan asap kemudian setelah terdinginkan uap air mengembun dan jatuh kembali di dalam toples)

Data Processing  (Pengolahan data) 
f. Memfasilitasi peserta didik untuk dapat menjelaskan proses yang terjadi di dalam toples (Terjadi proses penguapan, pengembunan, dan presipitasi) 
g. Memfasilitasi peserta didik  untuk mencari dari berbagai sumber bacaan tentang pengertian dari evaporasi, presipitasi, kondensasi, transpirasi, dan infiltrasi,   
(Tahap-tahap pada siklus air adalah sebagai berikut. Proses evaporasi (penguapan), kondensasi (pengembunan), presipitasi (jatuhnya hujan), transpirasi (pelepasan air oleh makhluk hidup tumbuhan), dan infiltrasi (peresapan). 
h. Memfasilitasi peserta didik untuk membuat skema siklus air secara sederhana. Misalnya: 

Verification  (Pembuktian)
i. Memfasilitasi peserta didik untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya Generalization  (Kesimpulan) 
j. Memfasilitasi peserta didik dalam kelompok untuk menyimpulkan hasil penyelidikannya ternatng siklus air dalam bentuk skema (dapat berupa peta pikiran). 

Aktivitas Pembelajaran 2. Siklus Air dan Dampaknya 
Aktivitas ke dua terkait dengan Materi Kelas V, Tema 8 “Lingkungan Sahabat Kita” Subtema 2 : “Perubahan Lingkungan” Pembelajaran 1. Aktivitas pembelajaran ke-2 ini akan mencapai IPK nomor 3.8.10, 3.8.11, dan 4.8.6.

Aktivitas ini menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan sintak: 1) Mengorientasikan peserta didik terhadap masalah; 2) Mengorganisasi peserta didik untuk belajar; 3) Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok; 4) Mengembangkan dan menyajikan hasil
karya, dan 5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. 

Pembelajaran dilakukan selama 2 X 35’. 
Pembelajaran dipandu menggunakan LKPD 1.2. model awan dan hujan serta Sebelum pembelajaran dimulai guru perlu alat, bahan, media, dan LKPD yang akan digunakan sudah tersedia dan mencukupi untuk semua peserta didik.

Skenario yang disajikan merupakan aktivitas pembelajaran pada kegiatan inti. 

Untuk bagian pendahuluan guru diharapkan dapat memastikan peserta didik menguasai IPK nomor  3.8.4, 3.8.5, dan 3.8.6. mengenai sumber-sumber air bersih, penyebab kelangkaan, dan cara memperolehnya. Pada kegiatan penutup, guru dapat melakukan penilaian formatif dan atau memberi
penugasan untuk membuat laporan tentang kajian literatur berkaitan dengan usaha manusia untuk melestarikan sumber air bersih.

Berikut ini rincian aktivitas pembelajaran 2
Siklus Air dan Dampaknya 
Setelah melakukan melakukan aktivitas 2 diharapkan peserta mampu: 
a. Mengkorelasikan dampak siklus air pada peristiwa di Bumi
b. Mengkorelasikan dampak siklus air pada kelangsungan makhluk hidup
c. Menyimpulkan dampak siklus air pada peristiwa di Bumi
d. Menilai usaha manusia untuk melestarikan sumber air bersih
e. Membuat poster Siklus Air dan Bencana Kekeringan 

Estimasi Waktu Aktivitas Pembelajaran : 2 X 35 Menit. 

Mengorientasikan peserta didik terhadap masalah
Media, alat, dan bahan yang digunakan adalah:
1) File video bencana banjir di musim hujan dan bencana kekeringan di musim kemarau;
2) LCD Proyektor/komputer; Alternatif : 
3) Printout teks bacaan tentang bencana banjir di musim hujan dan bencana kekeringan di musim kemarau 

Apa yang saudara lakukan: 
a. Membagi peserta didik ke dalam kelompok yang beranggotakan 4-5 orang  (pembagian kelompok disesuaikan dengan jumlah peserta didik).  
b. Memfasilitasi mengamati video bencana banjir di musim hujan dan bencana kekeringan di musim kemarau https://www.youtube.com/watch?v=a-JVpPrNMRY (atau guru juga bisa mengunduhnya). Alternatif lain menggunakan teks bacaan 
c. Memfasilitasi peserta didik untuk merumuskan masalah terkait dengan dampak siklus air pada peristiwa di Bumi dan kelangsungan makhluk hidup, misalnya membuat poster tentang dampak siklus air bagi kehidupan. 

Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
Apa yang saudara lakukan: 
d. Memfasilitasi peserta didik untuk memecahkan masalah terkait dengan dampak siklus air pada peristiwa di Bumi dan kelangsungan makhluk hidup, misalnya membuat poster tentang dampak siklus air bagi kehidupan.  
e. Memfasilitasi peserta didik untuk menyiapkan alat bahan untuk membuat poster, misalnya kertas karton, spidol warna, penggaris. 
f. Memfasilitasi peserta didik untuk mempelajari dampak siklus air pada peristiwa di Bumi dan kehidupan. 

Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok
g. Memfasilitasi peserta didik untuk memecahkan merancang poster dampak siklus air bagi kehidupan. 

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
h. Memfasilitasi peserta didik untuk mempresentasikan/memamerkan psoter dampak siklus air bagi kehidupan. 

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
i. Memfasilitasi peserta didik untuk mengevaluasi poster yang telah mereka buat menggunakan rubrik penilaian poster yang terdapat pada LKPD 1.2.

0 Response to "UNIT PEMBELAJARAN PKP SD SIKLUS AIR"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel