-->

GBPP Bahasa Inggris Kelas 1

Image Pixabay.com

KURIKULUM MUATAN LOKAL
GARIS — GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN
(GBPP)

I.    PENDAHULUAN
A.    Pengertian.
Berdasarkan Keputusan Mendikbud RI No. 04 12/U/1989 (1987-5) menyatakan bahwa muatan lokal adalah program pendidikan yang isi dan media penyampaiannya dikaitkan dengan alam lingkungan sosial dan budaya serta kebutuhan daerah dan wajib dipelajari murid di daerah itu.
Bertolak pada uraian diatas, maka perlu tiap daerah mengembangkan dan mengefektifkan potensi yang ada sesuai dengan kebutuhan daerah menurut wawasan ke depan.
Pemilihan mata pelajaran bahasa Inggris sebagai muatan lokal merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia menyongsong perkembangan secara mengglobal dan internasional.
Mata pelajaran bahasa Inggris sebagai muatan lokal dapat diajarkan di kelas I, II, III, tentu dengan dukungan sarana, guru yang berkemampuan mengajar, serta mempertimbangkan keluasan dan bobot materi sesuai dengan tingkat usia siswa.

B.    Fungsi.
Mata pelajaran muatan lokal bahasa Inggris diberikan sejak kelas I, II, III berfungsi memberikan rangsangan positif terhadap syarat neurolinguististics dalam mengembangkan bahasa, secara psikhologis anak usia kecil tidak enggan mengucapkan bahasa asing, justru mereka lebih antusias. Dengan demikian pengajaran bahasa Inggris di kelas IV, V, VI tidak banyak mengalami kendala untuk berkomunikasi secara sederhana.

C.    Tujuan
Pada akhir pengajaran bahasa Inggris kelas I – II – III dharapakan siswa memiliki ketrampilan mendengar / menyimak, berbicara, menulis dan membaca dalam pola sederhana sesuai tingkat usia dengan jumlah penguasaan kosa kata lebih kurang 300 kata yang berkesinambungan dan bertambah pads tingkat kelas IV – V – VI.

D.    Ruang Lingkup
Muatan lokal bahasa Inggris kelas I – II – III mencakup empat ketrampilan berbahasa sesuai dengan tingkat usia, dan diharapkan semaksiamal mungkin berkaitan dengan situasi dan potensi yang ada di daerahnya.

E.    Rambu – Rambu
1.    Pendekatan Pengajaran Bahasa Inggris yang termuat dalam GBPP Muatan lokal Bahasa Inggris I – II – III menerapkan pendekatan kebermaknaan yang mengandung pengertian sebagai berikut :
a.    Unsur – unsur bahasa : kosa kata, tata bahasa yang sederhana, lafal dan ejaan disajikan dalam lingkup situasi, sehingga makna yang dimaksud jelas.
b.    Dalarn-proses pembelajaran bahasa, keempat ketrampilan berbahasa hendaknya merupakan satu integritas, dikembangkan secara terpadu.
c.    Pola bermain sambil belajar perlu ditekankan dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris kelas awal, mengingat siswa masih dalam masa transisi dari Taman Kanak – Kanak ke Sekolah Dasar.

2.    Butir - butir yang perlu diperhatikan oleh pengguna GBPP Muatan Lokal Bahasa Inggris kelas I – II – III.
a.    GBPP ini merupakan pedoman inti bagi para pemakai, sebelum menjabarkan dalam bentuk materi yang harus dipelajari siswa dalam mencapai tujuan yang telah dirumuskan.
b.    Guru diharapkan dapat mengembangkan sendiri satuan – satuan pelajaran atau terra – tema sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam GBPP.
c.    Guru dituntut lebih kreatif dalam mengembangkan bahan inti dengan menyesuaikan kondisi dan kebutuhan lingkungan. Seminimal mungkin menghindari verbalismse siswa.
d.    Guru hendaknya dapat menciptakan susanan belajar yang menyenangkan, akrab, selalu memotivasi siswa untuk berani berbicara, tidak dibenarkan menyalahkan siswa saat melafalkan kata / kalimat.
e.    Siswa lebih banyak kesempatan berperan aktif dalam proses pembelajaran yang komunikatif, misalnya dalam berdialog atau tugas – tugas lain.
f.    Bentuk evaluasi sebaiknya lebih banyak ditekankan pada unsur berbicara (lisan)

II.    PROGRAM PENGAJARAN
Kelas : I (satu) Tujuan
Tujuan :
Dengan mempergunakan tema-tema yang telah ditentukan, siswa dapat memiliki ketrampilan awal berbahasa Inggris dengan jumlah kosa kata kurang lebih 100 kata meliputi ketrampilan.
1.    Mendengar / Menyimak.
Siswa dapat mendengarkan menyimak dan menirukan ucapan / lafal kosa kata dengan benar.
2.    Berbicara.
Siswa dapat melafalkan huruf, kata, frase, kalimat yang sangat sederhana, menunjuk benda yang dilihatnya dan mengucapkannya.
3.    Membaca.
Siswa dapat membaca huruf, kata – kata, frase – frase, kalimat – kalimat sederhana yang telah didengar, dilafalkan, dan ditulis.
4.    Menulis.
Siswa dapat menghubungkan kata dengan gambar, menebali huruf – huruf pada kata, dan menyalin kata yang sederhana.

SEMESTER I

Tujuan :
a.    siswa mampu mendengarkan menyimak, menirukan ucapan sejumlah kosa kata tentang ungkapan salam, alphabet, warna dengan tepat.
b.    Siswa mampu mengidentifikasikan lafal kata dengan gambar / benda.
c.    Siswa mampu melafalkan kata – kata sendiri dengan bantuan gambar.
d.    Siswa mampu mengungkapkan kembali kata – kata / kalimat – kalimat yang sangat sederhana.

1.    Tema : Ungkapan Salam (Greetings)
Pembelajaran :
•    Mendengar / menyimak guru mengucapkan salam.
•    Menirukan pengucapan salam.
•    Mengucapkan ungkapan salam sesuai dengan waktunya.
•    Menjawab salam yang diucapkan oleh guru.
•    Mengucapkan salam dengan teman berpasangan.
•    Mengucapkan salam sendiri di depan kelas.

Contoh Ungkapan Komunikatif.
•    Good morning
•    Good afternoon.
•    Good evening.
•    Good night, dan lain - lain.

Kosa Kata :
Good morning, good afternoon, good evening, good night, Hi, Hello.

2.    Tema : Abjad (Alphabets)
Pembelajaran
•    menirukan ucapan guru tentang lafal huruf A sampai Z (dibagi dalam 5 kali pertemuan)
•    menunjuk abjad sesuai dengan lafal.
•    Menyanyikan lagu yang berhubungan denga tema.
•    Bermain kartu huruf dengan melafalkan abjad.

Contoh Ungkapan Komunikatif :
•    (pelafalan huruf A sampai Z) dalam kata – kata sederhana

Kosa Kata :   
•    Kata – kata sederhana yang mengandung huruf A sampai dengan Z

3.    Tema : Warna (Colour)
Pembelajaran :
•    Menirukan pengucapan tentang warna – warna.
•    Menyebutkan warna baju yang dipakai siswa, tas, sabuk, dan warna bendera nasional.
•    Menyebutkan warna – warna benda yang ada di dalam kelasnya.
•    Mewarnai benda – benda ada pada gambar sesuai dengan warna yang ditentukan.
•    Menjawab pertanyaan sederhana tentang warna.
•    Bermain tentang tebak warna.

Contoh Ungkapan Komunikatif.
•    What colour is it ?
•    It's green.
•    It's yellow.
•    Dan lain – lain.

Kosa Kata :
•    Black, yellow, red, pink, blue, brown, white, green.

4.    Tema : Angka (Numbers)
Pembelajaran :
•    Mendengar / menyimak ucapan guru tentang penyebutan angka 0 sampai 10.
•    Menirukan ucapan guru membilang 0 sampai 10.
•    Mengucapkan angka 0 sampai dengan 10.
•    Menyebutkan jumlah benda dengan melafalkan nama bilangan. Menghubungkan angka dengan nama bilangan.

Contoh Ungkapan Komunikatif.
•    Pelafalan angka 0 sampai 10.

Kosa Kata :
•    Zero, one, two, three, four, five, six, seven, eight, nine, ten.

5.    Tema : Perkenalan (Introduction).
Pembelajaran :
•    Menirukan pengucapan ungkapan – ungkapan perkenalan sederhana.
•    Mengucapkan ungkapan – ungkapan perkenalan sederhana.
•    Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama masing – masing
•    Memperkenalkan diri di depan kelas dengan ungkapan – ungkapan sederhana.
•    Saling mengenalkan diri dengan teman.

Contoh Ungkapan Komunikatif.
•    Hello, I am Iwan.
•    Hello, I am Tuti
•    Good morning, I'm Dony.
•    Dan lain – lain
Kosa Kata :
•    Hello, Hi, I am.

0 Response to "GBPP Bahasa Inggris Kelas 1"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel