-->

KERANGKA PEMBELAJARAN ABAD 21


Karakteristik Pembelajaran Abad 21:
1. Komunikasi digital.
2. Informasi bersifat sangat dinamis.
3. Informasi tersedia dimana saja.
4. Informasi tidak selalu valid

Pembelajaran Abad 21 mencerminkan 4 hal:
1. Critical thinking dan problem solving (berpikir kritis dan memecahkan masalah)
2. Creativity and inovation (kreativitas dan inovasi)
3. Communication (berkomunikasi)
4. Collaboration (berkolaborasi)

Keterampilan belajar dan berinovasi
Learning & Innovation Skills

1) Kreativitas & inovasi:
a. Mendemonstrasikan originalitas dalam inovasi.
b. Mengembangkan, mengimplementasikan dan mengkomunikasikan ide-ide baru.
c. Terbuka dan responsif pada perspektif dari orang lain.
d. Mampu beraksi dan bereaksi terhadap ide kreatif.

2) Berpikir kritis & mampu memecahkan masalah
a. Menyampaikan dan menerima pendapat.
b. Membuat pilihan dan keputusan yang kompleks.
c. Memahami interkoneksi antar sistem.
d. Mampu mengidentifikasi hubungan antara berbagai sudut pandang yang berbeda.
e. Mengemukakan pertanyaan kritis demi solusi yang lebih baik.
f. Menganalisa dan mensintesa informasi untuk memecahkan suatu masalah.

3) Komunikasi dan kolaborasi
a. Mengartikulasikan pemikiran dan ide secara jelas dan efektif melalui lisan dan tulisan.
b. Mendemonstrasikan kemampuan untuk bekerja secara efektif dengan tim/anggota tim yang beragam.
c. Fleksibel dan selalu bersedia membantu tim dalam mencapai tujuan bersama.
d. Berbagi tanggungjawab dalam pekerjaan kolaboratif, tidak egois.

Keterampilan informasi media dan teknologi
Information, Media & Technology Skills

1) Literasi Informasi
a. Mengakses informasi secara efektif dan efisien, mengevaluasi informasi secara kritis, dan menggunakan informasi secara akurat.
b. Memiliki pemahaman yang baik mengenai aspek legal dan etika penggunaan informasi.

2) Literasi Media
a. Memahami bagaimana pesan-pesan media dibuat/dirangkai, serta tujuan, perangkat pembuat dan karekteristik pesan tersebut.
b. Memahami bagaimana seseorang menginterpretasikan pesan secara berbeda, dan mengetahui bagaimana pesan bernilai secara berbeda bagi setiap individu.
c. Memiliki pemahaman yang baik mengenai aspek legal dan etika penggunaan pesan-pesan multimedia.

3) Literasi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
a. Menggunakan teknologi digital untuk mengakses, mengumpulkan, mengolah, mengevaluasi dan
membuat informasi yang akurat dan berdayaguna.
b. Menggunakan teknologi sebagai perangkat untuk meneliti, mengelola, mengevaluasi dan mengkomunikasi informasi.
c. Memiliki pemahaman yang baik mengenai aspek legal dan etika penggunaan informasi yang merupakan produk teknologi digital.

Keterampilan untuk hidup dan berkarir
Life & Career Skills

1) Fleksibilitas dan Adaptibilitas
a. Mampu beradaptasi pada berbagai peran dan tanggungjawab.
b. Bekerja secara efektif dalam iklim yang penuh ambigu dan intensnya perubahan prioritas.

2) Inisiatif dan Pengendalian Diri
a. Memahami kebutuhan pembelajaran dan pemahaman diri sendiri.
b. Secara aktif bereksplorasi memperluas keahlian.
c. Mendemonstrasikan inisiatif meningkatkan keterampilan ke level yang lebih tinggi.
d. Mampu mendefinisikan, memprioritaskan dan menyelesaikan tugas tanpa pengawasan melekat.
e. Memanfaatkan waktu secara efisien dan mengelola beban kerja dengan baik.
f. Komitmen untuk belajar sepanjang hayat.

3) Keterampilan Sosial Antar-Budaya
a. Bekerja secara produktif dan tepat bersama orang lain.
b. Memanfaatkan kecerdasan kolektif kelompok ketika waktunya tepat.
c. Menjembatai perbedaan budaya dan mampu menggunakan perspektif yang berbeda untuk meningkatkan inovasi dan kualitas pekerjaan.

4) Produktivitas dan Akuntabilitas
a. Membuat standar yang tinggi dalam pencapaian tugas.
b. Memiliki ketekunan dan etos kerja yang positif.

5) Kepemimpinan dan Tanggungjawab
a. Menggunakan keterampilan interpersonal dan pemecahan masalah untuk mempengaruhi dan
membimbing orang lain dalam mencapai tujuan bersama.
b. Memanfaatkan kekuatan kolektif untuk mencapai tujuan bersama.
c. Memiliki integritas dan perilaku yang etis.
d. Bertindaklah penuh tanggungjawab atas kepentingan bersama yang lebih besar.

Sistem Pendukung Pembelajaran Abad Ke-21
1. Standar & Sistem Penilaian
2. Kurikulum & Panduan Kerja
3. Pengembangan Profesional
4. Lingkungan Pembelajaran

0 Response to "KERANGKA PEMBELAJARAN ABAD 21"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel